The history of computer

| |



GENERASI PERTAMA

Negara-negara yang ikut dalam keterlibatan perang tersebut berusaha mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer.Hal ini meningkatkan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer( ENIAC) yang di buat bekerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.
GenerasiKedua

1948,penemuan transistor mulai di gunakan dan sangat mempengaruhi perkrmbangan komputer.Transisitor mulai di gunakan di dalam komputer Pada tahun 1948
Pada Awal 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedu yang sukses di bidang bisnis,di universitas dan di pemerintah.Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.Mereka juga memilki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saaat ini,seperti printer,memory,sistem operasi dan program.
Generasi Ketiga

Walaupun Transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.Batu kuarsa menghilangkan masalah ini.Kemajuan komputer ketiga lainnya adalah pengguna sistem operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Generasi keempat

Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan personel Computer ( PC ) untuk penggunaan di rumah,kantor dan sekolah.Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit ditahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982.Sepuluh tahun kemudian,65 juta PC digunakan.Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukiran ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang dapat di masukkan ke dalam tas (laptop) atau bahkan komputer yang dapat digenggam.
Seiring dengan menjamunya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak,informasi.
Generasi kelima
Semakin sulit mendefinisikan komputer generasi kelima ,banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan perbuatan komputer generasi kelima.Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah pemprosesan paralel,yang akan menggantikan model non Neumann.Model non neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa adanya hambatan yang signifikan.Oleh karena itu,dapat mempercepat kecepatan informasi.
Salah satu negara yang terkenal pada generasi kelima adalah Jepang .Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia
Pendapat lain mengatakan mungkin Charles babbage yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak tahun 1600-zn.Ia juga memajukan perkomputeran pada bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika.Pada tahun 1834,ketiak dia hendak bermaksud mengembangkan difference enginenya,babbage disebut oang yang skeptik menyebut penemuannya penemuan dengan nama Babbage’s Folly( kebodohan Bbabbage).Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal.
Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern .Semenjak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik,mesin,berhitung elektronik.
Babbage ingin menerapkan konsep punched card dari alat tenn Jacquard untuk analytical engine-ny.Pada tahun 1843,Lady ada Auqusta menilai Punched card tersebut bisa dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu.Dengan memeroses Punched-card untuk sensus pada tahun 1890.
Bagaimanapun Perkembangan Komputer akan terus menjamaah dunia Komputerisasi dunia,karena tak dapat di lepaskan komputer kini menjadi suatu kebutuhan yang vital bagi kehidupan dalam era globalisasi.Tidak hanya itu para pencipta dunia maya pun seakan menunggu kejutan-kejutan yang kan terjadi dalam perkembangan komputerisasi dunia.Kita lihat saja apakah mungkin nantinya komputer bisa berbentuk seperti bola atau bahkan dapat di beli dengan kocek yang sangat murah ,layaknya kita membeli permen? Bagaimana jika kita membandingkan dengan negara kita? Semua pasti telah mempunyai jawaban masing-masing.Setidaknya Indonesia harus dapat berkaca pada negara-negara maju,menjadikan komputer sebagai barang yang harus di miliki dari anak-anak,remaja,dewasa,dan orangtua.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.